Australia atau bisa disebut dengan Persemakmuran Australia Negara ini memiliki setidaknya 12 negara bagian. Populasi dari negara Australia tentunya terbagi-bagi lagi di beberapa negara bagiannya. Namun dari beberapa bagian tersebut tentunya ada daerah yang sangat jarang penduduknya. Berikut ini negara bagian jarang penduduk di Australia yang harus diketahui:

1. Kota Pedalaman Yarriambiack Di Negara Bagian Victoria Bagaikan Kota Hantu

Negara bagian jarang penduduk di Australia yang pertama ialah Kota Yarriambiack, di mana Kota ini mengalami penurunan populasi paling cepat pertahun antara semua negara bagian yang ada di Australia. Penurunannya mencapai presentase 12% yang tercatat pada tahun 2018. Perlu diketahui menurut Walikota Yarriambiack memiliki perumahan murah, tingkat kejahatan pun hampir tidak ada. Ditambah dengan tidak membayar tempat parkir serta bebas dari polusi. Tetapi, tidak ada yang mau datang kesini karenanya kota ini disebut dengan kota berhantu karena populasinya yang sedikit.

2. Daerah Lismore, New South Wales

Kota Lismore yang merupakan bagian dari negara bagian New South Wales, Australia. Salah satu perdesaan yang ada di Australia dengan jumlah penduduk yang cukup kecil bahkan bisa jadi Lismore ini tidak mengalami pertumbuhan penduduk dengan signifikan dibandingkan dengan kota lainnya. Populasi penduduk yang ada pada daerah Lismore hanya sebesar 28.720 penduduk yang menetap di desa yang kecil ini. Ketika ingin merasakan suasana pedesaan yang masih kental dan terasa ada baiknya untuk berkunjung ke Lismore.

3. Bagian Tengah Gladstone, Salah Satu Kota Di Negara Bagian Queensland, Australia

Beberapa kota di negara bagian sudah disebutkan diatas memiliki kota yang jumlah penduduknya sedikit atau jarang penduduk. Di Negara Bagian Queensland juga ada, yaitu Kota Gladstone yang memiliki populasi hanya 33.418 penduduk yang tinggal.

4. District Warrnambool, Salah Satu Kota Di Negara Bagian Victoria, Australia

Membaca jumlah penduduk di tiga negara diatas memang sangat sedikit, sehingga tidak heran jika dijuluki sebagai kota hantu walau masih berpenghuni. Selanjutnya ada kota Warrnambool yang menjadi salah satu kota di Negara Bagian Victoria, Australia.

Sejak Tahun 2018 jumlah populasi penduduk yang menghuni kota Warrnambool sekitar 35.214. Lebih banyak dari dua kota yang sudah disebutkan dibeberapa negara bagian diatas. Tetapi, walaupun sedikit tetap saja kota ini memiliki pesona alam yang sangat indah.

5. Sebuah Kota Kecil Dubbo Di Negara Bagian Australia

Setelah empat daftar diatas ada lagi sebuah kota yang juga sedikit jumlah populasi penduduk yang terdapat di kota tersebut. Sebuah kota kecil bernama Dubbo yang merupakan sebuah kota di New South Wales, Australia.

Jumlah populasi yang masih ada di kota ini sebanyak 38.392 penduduk. Memang jika dilihat dari populasi penduduk yang ada lebih banyak daripada kota-kota yang sebelumnya sudah disebutkan diatas. Tetapi, tetap saja Dubbo tercatat sebagai negara bagian jarang penduduk di Australia.

6. Kota Wagga Wagga Yang Didirikan Tahun 1829

Lagi-lagi kota di negara bagian New South Wales yang memiliki sedikit penduduk yang tinggal di kota Wagga Wagga. Populasi penduduk Kota Wagga Wagga ini hanya berjumlah 57.000 jiwa yang tinggal dan menetap di kota ini. Memang jumlahnya lebih banyak dari kota sebelumnya.

Lucunya Kota Wagga Wagga mulai didirikan pada tahun 1829. Mulai menjadi pedesaan yang dihuni oleh masyarakat di Australia pada tahun 1847 ada jarak yang lumayan jauh. Hingga saat ini Wagga Wagga telah mencapai 26 tahun berdiri sebagai sebuah kota.

 Itulah beberapa negara bagian jarang penduduk di Australia, diantaranya bagaikan kota hantu. Karena penduduknya juga banyak berpindah kebeberapa pedesaan atau bahkan kota yang lebih besar. Untuk mendapatkan pelayanan umum yang lebih baik dan memadai.