Peranan walikota tentu berperan besar untuk membuat kotanya lebih makmur dan sejahtera. Jika suatu kota makmur dan sejahtera, maka peran walikota dikatakan berhasil, begitu pun sebaliknya. Namun, akhir-akhir ini terdapat walikota yang berhasil disorot oleh media karena kinerjanya yang luar biasa. Penasaran siapa saja walikota terbaik di Indonesia yang terkenal akan prestasinya? Berikut ini adalah deretannya :

1. Tri Risma Harini

Bu Risma, sapaan yang melekat pada walikota solo ini merupakan walikota perempuan terbaik di Indonesia yang mempunyai nama lengkap Tri Risma Harini. Perempuan yang lahir di Kediri, Jawa timur ada tanggal 20 november 1961 ini semakin terkenal setelah berbagai macam pencapaiannya sebagai walikota Surabaya semakin meluas ke berbagai macam sektor. Selain terkenal sebagai walikota terbaik, bu Risma pun acap kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat pun semakin tinggi.

Sebelum mengepakkan sayapnya sebagai walikota, bu Risma sendiri sempat menjabat sebagai kepala dinas kebersihan dan pertamanan. Selain itu sempat juga menjabat sebagai kepala badan perencanaan kota Surabaya sampai tahun 2010. Sedangkan kariernya sebagai pegawai negeri sipil sudah dijalani sejak tahun 1990an. Hal tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri bagi walikota wanita yang satu ini.

2. Muhammad Rudi

Selain Risma sebagai walikota terbaik, walikota terbaik Indonesia selanjutnya adalah Muhammad Rudi. Muhammad Rudi sendiri merupakan walikota Batam yang menjabat selama periode 2016 sampai dengan 2021. Periode tersebut merupakan periode untuk yang ke dua kalinya yang mana, sebelumnya Rudi sendiri pernah menjabat sebagai walikota yang sama pada periode 2011 sampai 2016. Sebelum menjabat sebagai walikota, Rudi sendiri merupakan anggota polri aktif yang mengundurkan diri di tahun 2004.

Prestasinya yang membanggakan, pada tahun 2019 yang lalu berhasil membuat ia memperoleh predikat sebagai walikota terbaik Indonesia. Dimana predikat tersebut ia peroleh dari kementrian riset, teknologi, dan pendidikan. Selain menyabet penghargaan sebagai walikota terbaik, walikota batam ini pun menyabet penghargaan lainnya yakni penghargaan best innovation on metropolitan and BIG governance 2019.

3. Helmi Hasan

Walikota terbaik di Indonesia selanjutnya berasal dari walikota Bengkulu yakni Helmi Hasan. Helmi Hasan sendiri merupakan putera terbaik yang lahir pada 29 November 1979 silam dari Pisang Penengahan, Lampung Selatan. Prestasinya yang membanggakan Bengkulu membuat ia terpilih sebagai walikota sebanyak dua dekade. Prestasi yang patut dibanggakan dari walikota Bengkulu ini adalah menyulap rumah pribadinya menjadi sebuah pondok pesantren.

4. Achmad Fahmi

Bagi masyarakat Sukabumi, tentu nama Achmad Fahmi merupakan nama yang tidak asing lagi didengar. Achmad Fahmi sendiri merupakan salah satu walikota terbaik di Indonesia yang sudah terdengar gaungnya bukan hanya di Sukabumi saja, melainkan ke berbagai penjuru Indonesia. Prestasinya yang membanggakan sebagai walikota Sukabumi membuat ia mendapatkan berbagai macam penghargaan.

Achmad Fahmi sendiri menjadikan karang taruna yang ada di daerah Sukabumi sebagai jembatan dari berbagai macam masalah yang ada terjadi di masyarakat sekitar. Karena dengan diterjunkannya karang taruna pada masyarakat, diharapkan bisa lebih membantu masyarakat dan eksistensinya sebagai generasi penerus bangsa semakin terasah. Selain itu diharapkan juga agar karang taruna yang terjun ke masyarakat menjadi pemuda dan pemudi yang cerdas, mempunyai kepribadian yang baik, berpengetahuan, serta menjadi pribadi yang terampil.

5. Ridwan Kamil

Dan walikota terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Ridwan Kamil. Meskipun Ridwan Kamil sendiri tidak menjabat lagi sebagai walikota Bandung, namun prestasinya yang mengagumkan saat menjabat sebagai walikota gaungnya terdengar ke berbagai penjuru Indonesia bahkan luar negeri. Salah satu prestasi Ridwan Kamil saat menjabat sebagai walikota adalah menyulap lahan yang tidak terpakai menjadi berbagai macam taman dengan nama dan design yang unik, seperti taman jomblo, taman musik.

Itulah deretan walikota terbaik di Indonesia yang gaungnya terdengar ke mancanegara karena prestasinya yang luar biasa. Tentunya dengan adanya mereka, deretan pemimpin yang ada di Indonesia di luar negeri.